Kemendikbud Prioritaskan 4 Program Ini di Tahun 2017

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyelesaikan empat program prioritas ditahun 2017 ini.

Keempat program tersebut antara lain meningkatkan pendidikan yang berkeadilan, penguatan pendidikan karakter, meningkatkan tenaga kerja terampil dan meningkatkan literasi siswa dan guru.

Staf Khusus Kemendikbud Bidang Komunikasi Publik Nasrullah mengatakan, untuk program pendidikan yang berkeadilan, Kemendikbud akan mendistribusikan Kartu Indonesia Pintar kepada 1,6 juta anak sekolah di seluruh Indonesia.

“Termasuk anak-anak di daerah terluar, terdepan dan tertinggal,” kata Nasrullah dikutip laman korpri.id Selasa 21 Maret 2017.

Ia menambahkan, untuk program prioritas selanjutnya yakni pendidikan berkarakter akan dimaksimalkan pada siswa yang masih berada di tingkat sekolah dasar.

Selanjutnya yakni meningkatkan tenaga kerja terampil, kata dia, dapat dilakukan dengan revitalisasi pendidikan kejuruan dan keterampilan.

“Wujudnya adalah membangun 50 sekolah menengah kejuruan bidang kelautan, 50 sekolah pariwisata, 100 sekolah pertanian, 220 techno park dan 1.540 sekolah menengah kejuruan yang bekerja sama dengan industri,” ujar Nasrullah.

Yang terakhir program literasi adalah dengan meningkatkan bacaan bagi siswa dan guru. Salah satunya adalah meluncurkan Gerakan Literasi Sekolah yang berupa pembiasaan siswa membaca selama 15 menit sebelum mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Selain keempat program prioritas tersebut, Kemendikbud juga akan mengkaji terkait wacana penerapan full day school. Nasrullah mengatakan, terkait program yang digulirkan pertengahan 2016 lalu itu sebanyak 540 sekolah negeri dan swasta sudah berhasil menerapkan.

“Tahun 2019 diharapkan seluruh sekolah negeri maupun swasta sudah menerapkan sistem itu,” katanya. (dwq)

Bagikan Artikel :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tantangan Membaca di Era Digital

Tantangan Membaca

Read More →

Workshop Menuju Sekolah Bermutu

Mulai tanggal 27 September sampai dengan 29 September dilangsungkan workshop yang ditujukan untuk membenahi manajemen sekolah di SDIT An Nahl Tabalong Kalimantan Selatan. Kegiatan ini …

Read More →

Minim Prestasi di Tengah Pandemi

Sudah berapa lama pandemi menguasai negeri ini. Tidak lagi ada berita prestasi siswa yang muncul di televisi, yang ada hanya artis ternama yang baru naik …

Read More →