Support Aplikasi Menyenangkan Bagi Guru dan Siswa

Di era pandemi saat ini wabah virus covid-19 menjadikan pembelajaran tatap muka menjadi tidak relevan dampaknya para guru dipaksa untuk melakukan pembelajaran secara online. Bahkan sampai saat ini kita belum bisa melakukan tatap muka secara ideal seperti yang kita harapkan. Tidak dapat dipungkiri pembelajaran secara online sangat membutuhkan kreativitas. Seorang guru harus menyampaikan pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik dapat menerima pembelajaran tersebut dengan baik. Guru juga perlu menemukan Aplikasi menyenangkan bagi guru dan siswa agar pembelajaran bisa lebih menarik.

Pembelajaran melalui online menjadikan peserta didik dan juga guru lebih banyak berhadapan dengan alat komunikasi berbasis internet yakni laptop ataupun smartphone untuk menunjang pembelajaran secara virtual. Untuk menyambungkan tatap muka secara online memerlukan aplikasi ataupun sarana agar Pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, aplikasi Zoom merupakan salah satu sarana yang dapat mengakomodir permasalahan tersebut.

Guru dan juga peserta didik dapat bertatap muka melalui layar laptop maupun smartphone yang dimilikinya. Peserta didik juga dapat melihat apa yang disampaikan oleh guru melalui share screen yang ditampilkan oleh guru mengenai pelajaran pelajaran atau tema pembahasan yang akan disampaikan.  Seiring dengan berjalannya waktu peserta didik kurang merespon  pembelajaran,  kurang maksimal, dan kurang menyenangkan, dikarenakan banyaknya tugas-tugas yang diberikan oleh para guru selepas melakukan kegiatan interaksi secara virtual melalui zoom.

Adanya tugas pekerjaan rumah  yang menumpuk dan juga pemahaman yang didapatkan peserta didik sudah tidak lagi fokus kepada pelajaran yang disampaikan. Mereka lebih asyik melaksanakan kumpul bareng ataupun main bareng dengan game-game yang sedang booming di era pandemi ini selepas melaksanakan pembelajaran secara virtual.

Maka dari itu perlu adanya aplikasi menyenangkan bagi guru dan siswa serta metode ataupun langkah-langkah yang dapat membuat peserta didik dapat melaksanakan tugas secara online. Ada banyak aplikasi yang menyediakan layanan secara gratis agar para guru dapat memberikan tugas secara online kepada peserta didik dan hasilnya dapat dilihat seketika.

Aplikasi Quiziz untuk Pembelajaran

Salah satu dari aplikasi tersebut adalah quizizz.  Pada aplikasi ini seluruh peserta didik dapat ikut bergabung melalui channel yang sudah dibuat oleh guru dalam pembelajaran. Guru dapat menyampaikannya Melalui aplikasi Zoom dan untuk menegaskan akan pemahaman peserta didik dibuatlah pertanyaan-pertanyaan dengan menggunakan aplikasi quizizz ini.

Aplikasi ini tergolong sangat mudah dalam pengoperasiannya dan menyenangkan saat dijalankan,  dikarenakan setiap peserta didik memiliki Avatar ataupun gambar yang mereka senangi dalam menjalankan aplikasi quizizz ini. Setiap peserta didik akan memiliki kesempatan untuk menjadi peserta yang terbaik dengan melihat papan skor yang dimiliki oleh peserta didik lainnya sehingga mereka tahu di mana posisi mereka diantara teman-teman mereka yang sedang mengerjakan soal.  Semakin cepat dan semakin mereka menjawab dengan benar maka posisi mereka akan menjadi yang pertama dan begitu pula seterusnya.

Pada intinya dalam setiap menjalankan aplikasi apapun untuk membantu dalam menyampaikan pemahaman materi dengan cara memberikan pertanyaan melaui pilihan ganda ataupun soal-soal lainnya setiap guru ataupun pendidik perlu melakukan dengan cara cara yang semenarik mungkin agar peserta didik dapat dengan senang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru agar pemahaman mereka lebih baik dalam memahami materi yang disampaikan.

Karena peserta didik dan juga guru bertatap muka secara virtual dan melalui media laptop ataupun smartphone, maka penugasan yang diberikan juga dapat mengambil salah satu cara pada aplikasi yang disediakan. Dengan begitu setiap peserta didik dapat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru mereka. Peserta didik tidak perlu lagi mengerjakan secara manual lalu mengirimkan tugas tersebut melalui foto atau pun mereka harus datang ke sekolah. Dengan aplikasi Quizizz peserta didik cukup mengumpulkan tugas nya dengan memanfaatkan aplikasi Quizizz. Tentu saja ini untuk memudahkan guru dan juga peserta didik dalam mengetahui dan juga merespon tingkat pemahaman pembelajaran yang sedang berlangsung.

Masih banyak aplikasi-aplikasi yang menarik yang dapat menunjang pembelajaran era pandemi seperti ini. Aplikasi – aplikasi ini dapat kita pilih agar menjadikan pembelajaran yang kita sampaikan kepada peserta didik dapat berlangsung secara baik. Karena para peserta didik perlu akan adanya pembelajaran ataupun penugasan yang menarik bagi mereka. Maka kita sebagai guru dituntut untuk lebih kreatif dalam melakukan penyampaian pembelajaran dan pemberian tugas secara virtual.


Jika ingin mendesain kelas digital interaktif bisa hubungi tim KPI. Kami akan bersedia membantu anda.

Dibuat di Sidoarjo tanggal 9 Oktober 2021

Penulis
Idham Okalaksana Putra
Education Influencer Kota Malang

Bagikan Artikel :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Support Aplikasi Menyenangkan Bagi Guru dan Siswa

Di era pandemi saat ini wabah virus covid-19 menjadikan pembelajaran tatap muka menjadi tidak relevan dampaknya para guru dipaksa untuk melakukan pembelajaran secara online. Bahkan …

Read More →

Tantangan Membaca di Era Digital

Era digital sekarang ini ternyata secara tidak sadar mengubah kegiatan yang kita kenal sebagai membaca. Tidak hanya itu, era digital juga telah mengubah pengertian membaca, cara orang …

Read More →

Workshop Menuju Sekolah Bermutu

Mulai tanggal 27 September sampai dengan 29 September dilangsungkan workshop yang ditujukan untuk membenahi manajemen sekolah di SDIT An Nahl Tabalong Kalimantan Selatan. Kegiatan ini …

Read More →